Posted by : Unknown Selasa, 05 Maret 2013

Membuat animasi mata berkedip secara berkala didalam Anime Studio 8 ternyata tidak sulit. Kita bisa memanfaatkan Cycle dalam hal ini. Sebenarnya Cycle tidak hanya dipakai untuk animasi mata berkedip saja, melainkan animasi-animasi lainnya yang berjalan secara kontinyu. Misalnya awan berarak terus-menerus atau gerak pada permukaan air. Pada kesempatan ini saya akan mencoba menerapkan Cycle untuk animasi berkedip pada mata.

Anda harus sudah menguasai dengan teknik menggambar dan menyunting obyek. Jika belum, silahkan baca tulisan saya mengenai hal tersebut disini.

Membentuk Gambar Bola Mata


Kita siapkan gambar bola matanya terlebih dahulu. Bola mata dibentuk dari tiga buah obyek oval, yaitu oval 1, oval 2 dan oval 3.


kemudian kita siapkan gambar kelopak matanya sebagai berikut. Dalam hal ini kelopak mata saya beri warna putih.


Drag point bawah kearah awah untuk menghasilkan kelopak mata terbuka.


Tambahkan beberapa point lainnya untuk mempermudah pembentuk kelopak mata terbuka secara sempurna. Lihat gambar dibawah, point-point yang saya tambahkan adalah point-point bertanda merah.


Dengan memakai Curvature, runcingkan bagian kurva pada point yang ditunjukkan dalam gambar dibawah.


Dengan melakukan translasi terhadap point-point tertentu, lakukan penyempurnaan bentuk kelopak mata yang sedang terbuka sehingga diperoleh gambar seperti berikut.


Membentuk Gambar Kelopak-Kelopak Mata Ketika Berkedip

Terlebih dahulu ubahlah nama Layer 1 menjadi misalnya Mata Terbuka. Layer 1 merupakan tempat dimana kita menggambar kelopak mata dalam posisi terbuka.


Buatlah duplikat dari layer diatas, dan beri nama misalnya Seperempat. Kemudian, sunting bentuk kelopak mata menjadi menutup seperempat bagian.


Buatlah duplikat dari layer Seperempat ini, dan namai misalnya Setengah. Kemudian sunting bentuk kelopak mata sehingga menutup setengah bagian.


Buatlah duplikat layer Setengah, dan namai misalnya Tigaperempat. kemudian sunting bentuk kelopak mata sehingga menutup tigaperempat bagian.


Terakhir, buatlah duplikat layer Tigaperempat dan namai misalnya Tertutup. Kemudian sunting bentuk kelopak mata sehingga menjadi menutup penuh.

Menciptakan Layer Switch

Layer switch diperlukan untuk membuat peralihan gambar posisi kelopak mata sehingga didapat kesan atau animasi mata berkedip. Klik ikon New Layer, dan pilih Switch. Namai layer tersebut misalnya Kedip Kanan.


Drag layer Terbuka, dan masukkan ke layer Kedip Kanan. Dengan cara yang sama, masukkan layer Seperempat, Setengah, Tigaperempat dan Tertutup kedalam layer Kedip Kanan.

Menyusun Adegan Mata Berkedip

  • Pastikan pointer frame menunjuk ke Frame 0 (lihat timeline). Klik-kanan layer Kedip Kanan, dan pilih Tertbuka. Ini adalah menentukan keadaan awal mata, yaitu kelopak sedang terbuka.


  • Klik Frame 30, klik-kanan layer Kedip Mata dan kemudian pilih Seperempat.
  • Klik Frame 31, klik-kanan layer Kedip Mata, dan kemudian pilih Setengah.
  • Klik Frame 32, klik-kanan layer Kedip Mata, dan kemudian pilih Tigaperempat.
  • Klik Frame 33, klik-kanan layer Kedip Mata, dan kemudian pilih Tertutup.

Membuat Siklus Adegan

  • Klik-kanan keyframe 33, dan pilih Cycle....

  • Pilih opsi Absolute, dan pastikan Value berisi nilai 1, dan kemudian klik OK.
  

Pilihan Absolute berarti siklus kembali berulang pada nomor keyframe sesuai yang tertera pada Value secara absolut.


Sekarang cobalah mainkan animasi, bagaimanakah hasil yang anda peroleh?


{ 2 komentar... read them below or Comment }

  1. Terima kasih tutorialnya, mudah2an ilmu yg diberikan bermanfaat...

    BalasHapus
  2. Saya sangat mengapresiasi usaha anda , dan saya berharap anda terus update artikel bermanfaat ini , jujur cuma di web ini saya bisa mudah faham anime studio , sekali lagi saya ucapkan terima kasih dan saya tunggu update selanjutnya :D

    BalasHapus

My Video Tutorial Today

Resources

  1. Royalty Free Music and Sound Effects Download the music and sound effects you need for your multimedia project today at Partners In Rhyme.

Kategori Tulisan

Diberdayakan oleh Blogger.

Arsip Blog

Copyright © Anime Pro Tutorial -Black Rock Shooter- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan