Posted by : Unknown Jumat, 01 Maret 2013

Anime Studio 8 Pro menyediakan beberapa alat untuk menggambar dan menyunting. Menguasai dengan baik cara pemakaian alat-alat ini akan sangat membantu anda dalam menghasilkan gambar ilustrasi yang bagus. Pada dasarnya teknik menggambar dan penyuntingan tak beda jauh dengan teknik-teknik yang dipakai pada aplikasi-aplikasi pengolah grafis vektor seperti Adobe Illustrator, CorelDRAW, Macromedia Freehand dsb. Jadi, jika anda sudah memiliki pengalaman pada aplikasi-aplikasi tersebut maka hal itu akan sangat membantu.

Alat Menggambar (Drawing Tool)

Draw Shape (E)

Dapat digunakan untuk menggambar bentuk-bentuk dasar segiempat, oval, segitiga, bintang, anak-panah serta spiral. Selanjutnya, bentuk-bentuk dasar tersebut dapat disunting sehingga diperoleh bentuk baru yang diinginkan.


  • Tahan SHIFT untuk mendapatkan bentuk dengan sisi-sisi sama panjang.
  • Tahan ALT untuk menggambar bentuk dari titik pusatnya.

Freehand (F)

Dipakai untuk menggambar bentuk bebas, seperti ketika menggambar menggunakan pensil.

  • Auto-weld - jika goresan garis memotong garis lain maka titik potong antara keduanya dapat dilebut menjadi satu pada titik potongnya secara otomatis.
  • Auto-fill - bangun yang terbentuk akan diisi dengan warna tertentu secara otomatis sesuai warna isian (fill) yang berlaku pada saat itu.
  • Auto-stroke - goresan-goresan garis diubah secara otomatis menjadi garis luar obyek (stroke), dengan warna yang berlaku pada saat itu.
  • Auto close - menghubungkan titik awal dan titik akhir secara otomatis sehingga terbentuk kurva tertutup.

Add Points (A)

Dipakai untuk menggambar bentuk-bentuk tertentu dengan cara menambahkan titik-titik gambar. Antara titik sebelumnya dengan titik gambar berikutnya akan membentuk suatu segmen garis gambar. Secara default bentuk segmen garis gambar adalah berupa garis lengkung.

  • Sharp corners - menggambar bentuk dengan segmen-segmen garis lurus/lancip.
  • Tahan CTRL untuk menggambar segmen garis lurus/lancip.

Insert Text

Untuk menyisipkan bentuk berupa teks. Teks disini dianggap sebagai gambar.

Alat Penyunting (Editing Tool)

Select Points (G)

Digunakan untuk memilih obyek atau titik-titik obyek. Obyek atau titik obyek harus dipilih terlebih dahulu untuk dapat disunting.


  • Untuk memilih satu titik obyek, klik ikon Select Points, dan setelah itu klik titik obyek yang dimaksud. Titik terpilih ditandai merah.
  • Untuk memilih lebih dari satu titik, pilih satu titik terlebih dahulu, tahan SHIFT, dan kemudian klik titik-titik lainnya. Semua titik yang dipilih ditandai merah.
  • Untuk memilih seluruh titik yang dimiliki oleh sebuah obyek, klik tepat pada garis obyek atau klik didalam obyek.
  • Untuk mendefinisikan area pemilihan, drag dari satu posisi ke kosisi lain sehingga seluruh atau sebagian obyek tercakup dalam area yang diperlihatkan.
  • Untuk mendefinisikan area pemilihan memakai mode lasso, aktifkan Lasso Mode terlebih dahulu, dan setelah itu drag melingkari seluruh atau sebagian obyek.

Translate Points (T)

Berguna untuk menggeser posisi obyek atau titik obyek. Untuk menggeser sebuah obyek seluruhnya, pilih obyek itu terlebih dahulu, klik ikon Translate Points, dan kemudian drag ke posisi baru.


Untuk menggeser posisi satu atau beberapa titik pada sebuah obyek, pilih terlebih dahulu titik-titik yang dimaksud, klik ikon Translate Points, dan kemudian drag ke posisi baru. Ingat! menggeser titik-titik obyek akan mengubah bentuk obyek.

Scale Points (S)

Berguna untuk memperbesar atau memperkecil ukuran obyek.



Untuk menskala obyek, pilih terlebih dahulu obyek yang dimaksud, klik ikon Scale Points, maka bounding box untuk mengatur skala obyek akan diperlihatkan.

  • Drag node-sudut untuk menskala obyek secara proporsional, yaitu merubah ukuran obyek dengan tetap menjaga bentuk obyek.
  • Drag node-sisi untuk menskala obyek secara tidak proporsional. Jika ini pilihannya maka obyek bisa jadi tampak lebih kurus atau gemuk dari bentuk semula.

Rotate Points (R)

Berguna untuk memutar obyek berdasarkan titik pusatnya. Klik ikon Rotate Points (atau tekan R), klik obyek, dan kemudian drag secara memutar sesuai sudut putar yang dikehendaki.

  • Untuk mendapatkan sudut putar secara eksak (misalnya 45, 90, 135 dst.), tahan SHIFT selama melakukan drag.

Curvature (C)

Digunakan untuk mengatur lengkungan pada titik obyek, apakah akan menjadi bersudut lancip ataukah bersudut tumpul.

  • Klik ikon Curvature (atau tekan C), klik satu titik dan drag satu titik obyek ke arah kiri atau kanan, sesuai bentuk lengkungan yang diinginkan.

Delete Edge (D)

Berguna untuk melakukan penghapusan salah satu sisi obyek. Klik menu Edit, lalu pilih Select None untuk memastikan bahwa tidak ada obyek apapun yang terpilih pada saat itu. Klik ikon Delete Edge (atau tekan D), dan kemudian klik sisi obyek yang hendak dihapus.

Magnet (X)

Berguna untuk mempengaruhi titik-titik tertentu pada obyek denga suatu "gaya magnet" sehingga didapat bentuk baru obyek.

  • Klik ikon Magnet (atau tekan X).
  • Tahan ALT, dan kemudian drag untuk mendapatkan ukuran magnet sesuai kebutuhan.
  • Drag titik obyek didalam radius cakupan pengaruh magnetik


Itulah beberapa alat menggambar dan menyunting obyek. Kini anda bisa mencobanya sendiri untuk memulai menghasilkan sebuah gambar.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

My Video Tutorial Today

Resources

  1. Royalty Free Music and Sound Effects Download the music and sound effects you need for your multimedia project today at Partners In Rhyme.

Kategori Tulisan

Diberdayakan oleh Blogger.

Arsip Blog

Copyright © Anime Pro Tutorial -Black Rock Shooter- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan